Mode Abaya


Soal :
Syaikh yang mulia, apa pendapat Anda tentang abaya kaum wanita yang bermode dan ada hiasan – hiasan di bagian kedua lengan dan bagian bawahnya?

Jawab :
Saya berpendapat agar wanita tetap dengan model yang lama karena yang demikian lebih menutup dan lebih terhindar dari fitnah.
Adapun abaya yang muncul belakangan ini, jika terbebas dari hiasan – hiasan yang bisa menarik pandangan atau hiasan semacam sutera yang menjuntai atau bentuk ketat yang bisa membentuk lekuk tubuh; maka saya berharap tidak mengapa. Walaupun saya sendiri merasa berat untuk berkata demikian [yakni berkata tidak mengapa] karena saya khawatir hal ini akan menjadi pintu untuk suatu kerusakan yang lebih besar.
Hal ini karena kaum wanita sebagaimana kalian ketahui bertahap dari yang ringan ke hal – hal yang semakin parah kemudian jika sudah lebar lubangnya maka kita akan kesulitan mengatasinya. Akan tetapi, aku tidak bisa melarang sesuatu yang memang asalnya boleh dari sisi syariat.
Hanya saja aku berkata : Yang lebih utama adalah tetap menjaga sesuatu yang kita sudah ada padanya dari dulu karena yang demikian lebih dekat bagi kita untuk mengikuti generasi salaf dan para wanita shahabat, lebih menjauhkan dari fitnah, dan lebih menutup pintu kerusakan dan kejelekan.

(Liqo Babil Maftuh Syaikh Ibnu ‘Utsaimin 40/21)

, , , , , , ,

  1. Meninggalkan komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: